Rabu, 04 Juli 2012

Pembuatan Briket Bioarang


Pembuatan Briket Bioarang

Bahan dan alat :
1)        Arang
2)        Kanji
3)        Air
4)        Alat pembuat briket (dapat dilihat disini)
5)        Alat penghancur (dapat dilihat disini)
Cara Pembuatan :
1)        Menghancurkan bioarang menjadi serbuk/bubuk yang halus dengan alat penghancur bioarang atau dapat juga secara sederhana dengan menggunakan penumbuk, misalnya lesung dan alu (alat penumbuk padi), kemudian bioarang yang tersedia ditumbuk hingga halus  menjadi tepung/bubuk arang. Bioarang dapat juga menggunakan arang remukan yang biasa dibuang oleh para penjual di pasar kaena tidak dapat diamanfaatkan. Selanjutnya kumpulkan tebung arang yang terbentuk pada tempat khusus, misalnya ember.
2)        Siapkan kanji dan encerkan dengan air hangat  sehingga menjadi adonan seperti bubur sebagai bahan perekat (lem kanji)
3)        Campurkan lem kanji dengan tepung arang dengan perbandingan ( 1 : 9) sehingga menjadi adonan yang lengket. Agar pemakaian bioarang lebih hemat adonan ini dapat ditambah ampas kelapa, serbuk gergaji, kertas bekas, bubuk ampas jarak pagar sisa proses pembuatan biodisel dan semacamnya. Selanjutnya adonan diaduk-aduk agar semua bahan tercampur rata dan cukup lengket.
4)        Adonan yang sudah lengket kemudian dicetak pada alat pencetak. Caranya seperti pada penggunaan  mesin pecetak briket bioenergi di atas.
5)        Briket bioarang ini di jemur 2- 3 hari sampai betul-betul kering.
6)        Briket Bioenergi siap dipergunakan sbg bahan bakar.

Sumber : http://madanitec.com/2011/03/pembuatan-briket-arang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar